Ada yang salah

Standard

Seharian ini aku merasa tak baik. Segalanya. Semuanya terasa begitu mengganjal dan serba salah. Padahal aku sendiri tak paham dimana letak kesalahan itu.

Aku terlalu khawatir, benar kata artikel yang kubaca beberapa minggu lalu. Khawatir membuat semua badan merasakan sakit yang tak beralasan, pencernaan, kepala, bahkan suhu tubuh menjadi turun-naik.

Entahlah apa yang terjadi pada diriku. Di tahun terakhir perkuliahan ini, tekanan menjadi semakin besar. Mungkin bertemu dengan banyak orang baru karena pengalaman 10 hari kemarin membuatku sadar, bahwa aku tak ada apa-apanya. Lalu hal itu membuatku sedih. Patutkah hal itu membuatku sedih?

Saat menghela napas begitu berat, tapi perasaan sesak ini tetap tak mau pergi. Saat aku menelusuri dari awal mengapa aku berada disini, aku malah semakin berpikir, apa saja yang sudah kulakukan selama ini? Mengapa semuanya menjadi begitu rumit? Aku melihat beberapa profil teman-teman yang baru kukenal kemarin, dan betapa mindernya aku melihat pengalaman mereka yang begitu banyak, saat kubandingkan dengan diriku?

Ah, tidak ada apa-apanya. Mungkin karena mereka berasal dari Universitas terbaik di negaranya masing-masing, sementara aku hanya berada di sebuah universitas kecil di sebuah kota kecil, tak ada yang membuatanya spesial.

Bukannya aku kufur, tidak bersyukur atau apapun, mungkin memang iya, sedikit. Dan mungkin itulah yang membuatku sedih sekarang. Menjadi seorang perfeksionis yang masih kehilangan jati diri hingga sekarang, bahkan aku bingung keahlian khusus apa yang kupunya. Saat semua hal, kucoba dan aku menyukainya. Aku jadi bingung harus memilih yang mana.

Lalu bagaimana?

Lalu bagaimana?

Rasa-rasanya waktu begitu cepat sekali berlalu, aku masih perlu waktu untuk belajar. Saat aku ingin sekali segera keluar dari tempat ini. Universitas yang sedikit banyak telah membuatku belajar banyak hal. Tapi masih, aku belum menemukan jati diri yang selama ini kucari.

Senja.

Adzan berkumandang,

Aku harus segera kembali, pulang bertemu dengan Dia yang selalu kulupakan.

Leave a Reply

